Selasa, 24 Mei 2011

TOPIK DISKUSI SOFTSKILL Bag 6

DEMOKRASI

  Konsep Demokrasi 

   Demokrasi merupakan wujud kebersamaan dalam negara juga merupakan hak sekaligus kewajiban bagi warga negara karena sistem kekuasaan yang berlaku adalah :”Res Publica” dari, oleh dan untuk rakyat.
   Demokrasi berasal dari bahasa yunani, yakni kata “demos” berarti rakyat atau penduduk suatu tempat dan “cratein” atau “cratos” yang berarti kekuasaan atau kedaulatan, dengan demikian maka demokrasi dapat diartikan kekuasaan atau kedaulatan rakyat.
   Walaupun sebenarnya ditinjau dari pemahaman agama bahwa kekuasaan rakyat di bumi adalah kekuasaan rakyat, karena memang pada saat umat manusia diturunkan kebumi sekaligus diserahkan pengaturannya oleh tuhan kepada manusia atau rakyat yang diciptakannya, sedangkan pengertian dalam bahasa yunani tidak hanya mengadopsi dari agama disesuaikan dengan kehidupan.
   Konsep demokrasi berkembang sejak 2000 tahun yang lalu diperkenalkan oleh plato dan aristoteles dengan isyarat agar penuh hati-hati karena demokrasi disamping sangat baik, namun dapat juga menjadi kejam karena mendewakan kebebasan yang akhirnya dapat menimbulkan anarki, oleh karena itu perlu dicari adalah “mekanismenya” seperti kehendak tuhan tadi bahwa pengaturan di bumi diserahkan pada manusia ataupun rakyatnya.



 b. 1). Apa Arti Demokrasi Dalam Sistem Pemerintahan Negara
      Demokrasi merupakan suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik dimana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan denagn cara perjuangan kompetitif atas suara rakyat.
     2). Apa Arti Demokrasi Pancasila Tersebut
      Demokrasi Indonesia adalah kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang berketuhanan yang maha esa yang berprikemanusian yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
     3). Apa Bedanya Demokrasi Pancasila dengan Demokrasi Yang Berlaku Di Negara Lain
      Pasti Beda karena Di setiap negara mempunyai Demokrasi yang berbeda-beda.
     4). Apa Arti Negara Kesatuan
      Negara yg kedaulatan ke luar dan ke dalam dan kekuasaan untuk mengatur dan memimpin seluruh daerah negara berada pd pemerintah pusat.
     5). Apa Wujud Negara Kesatuan Sekarang ini
     Sekarang Ini Wujud Negara Kesatuan Adalah, Negara Kesatuan yang berkedaulatan keluar dan kedalam dan kekuasaan untuk mengatur dan memimpin seluruh daerah negara berada pada pemerintahan pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar